TIRA Persikabo Kalahkan PSM Makassar

By ommed


nusakini.com - Ciro Alves memperlihatkan performa menawan untuk membawa TIRA Persikabo menghentikan paceklik kemenangan dengan mengalahkan PSM Makassar 3-0 di Stadion Kompyang Sujana, Selasa (15/2) sore WIB, pada pertandingan pekan ke-25 Liga 1 2021/22.

Hasil itu membuat TIRA Persikabo kembali menuai tiga angka setelah sebelumnya hanya mendapatkan dua imbang dan tiga kekalahan. Kendati demikian, posisi TIRA Persikabo tetap berada di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan nilai 27. Sedangkan PSM di posisi ke-12 dengan 28 poin.


TIRA Persikabo dan PSM mengawali pertandingan dengan tempo cepat dan permainan terbuka. Kedua tim silih berganti melakukan serangan demi mengungguli lawannya masing-masing. PSM memberikan ancaman serius ketika laga baru berjalan tujuh menit, tapi tandukan Anco Jansen berhasil ditepis kiper Syahrul Trisna Fadillah.

Ancaman PSM ini dibalas TIRA Persikabo yang memaksa penjaga gawang Hilman Syah bekerja keras. Setelah menepis tendangan Ciro Alves pada menit ke-17, Hilman Syah selanjutnya menggagalkan upaya Sergey Pushnyakov selang satu menit kemudian.

Kubu TIRA Persikabo akhirnya bersorak kegirangan setelah mampu mengungguli lawannya terlebih dulu di menit ke-26. Ciro memperlihatkan skill menawan ketika menerima umpan Munadi dengan mengecoh Ganjar Mukti dan Adam Mitter sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

PSM berusaha bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Hanya saja, serangan yang mereka bangun dengan mudah dipatahkan barisan belakang TIRA Persikabo, sehingga skor 1-0 tidak mengalami perubahan hingga bababk pertama berakhir.

Juku Eja mencoba menggebrak pertahanan TIRA Persikabo ketika babak kedua dimulai. Namun, serangan yang mereka bangun berhasil digagalkan, dan membuat gawang mereka justru kebobolan ketika paruh kedua baru berjalan satu menit.

Berawal dari serangan balik yang dilakukan Ciro, pemain asal Brasil ini kemudian menyodorkan bola kepada Aleksander Rakic. Penyerang TIRA Persikabo ini tidak menahan bola terlalu lama, dan langsung memberikan assist kepada Ciro untuk menaklukkan Hilman Syah.

Gol itu membuat Ciro kini menguntit ujung tombak Bali United Ilija Spasojevic di daftar topskor sementara. Dua gol ini laga ini menempatkan Ciro di peringkat kedua dengan torehan 16 gol, atau berselisih satu dengan Spasojevic.

Selain menjebol gawang lawan dua kali, Ciro juga menjadi penyumbang assist bagi gol Rakic di menit ke-82, sehingga membuat TIRA Persikabo memetik kemenangan 3-0. (gi/om)